Cara Penulisan Font dan Symbol Arabic di MS Word

Dulu saya sangat kesulitan ketika menulis dimana harus menggunakan tambahan seperti kata:

Nabi Muhammad shalallallahu ‘alaihi wassalam

Allah Subhanahu wa ta’ala atau

Umar Radiyallahu Anhu

padahal kata-kata tersebut bisa lebih singkat dengan menggunakan symbol sederhana dari bahasa arab atau font arabic hanya saja masalahnya kita tidak tahu bagaimana cara mudah menggunakan symbol-symbol tersebut.

Sebenarnya ketika kita telah menginstall font arabicnya maka secara otomatis kita bisa menggunakannya dengan perintah keyboard ketika kita mengetik di ms word namun saya memiliki cara lebiih mudah dengan menggunakan satu kali pencet pada keyboard tanpa harus mengganti perintah pada font arabicnya bahkan anda akan mendapat kemudahan ketika tulisan yang memilki symbol tersebut di-convert untuk anda gunakan pada corel draw karena menurut pengalaman yang saya alami ketika kita menggunakan symbol dari font arabic langsung di ketik dari word maka symbol tersebut akan hilang.

contoh gambar:

Cara menggunakan font dan symbol arabic.

*Pertama-tama silahkan download dulu font dan symbol arabic-nya disini

*Setelah anda download buka/extract file yang bernama Islamic dan install font arabic tersebut

*Berikutnya buka file symbol arabic yang berformat ms word yang ada pada folder tersebut

*Lalu klik pada gambar symbol yang terdapat pada halaman word tersebut sehingga terlihat kotak segi empat dengan 8 titik.

* Jika anda menggunakan MS Word 2007 maka selanjutnya klik Office Button (Tombol office) di pojok kiri atas pada halaman word anda, lalu pilih Word Options lalu pilih opsi Proofing dan pilih AutoCorrect Options seperti pada gambar berikut:

*Pada kolom replace anda tinggal memasukan keyword yang mudah di ketik dan anda hapal untuk mengganti symbol yang akan ditampilkan (contoh SWT untuk Subhanahu Wata’ala, SAW untuk  shalallallahu ‘alaihi wassalam atau RA untuk Radiyallahu Anhu dan seterusnya ). Lalu klik Add dan OK. dan selesai sekarang anda kembali ke halaman word anda tadi dan  coba ketik keyword yang anda masukan tadi pada halaman word anda, lalu enter atau sepasi. Jreng-jreng semua sudah bisa berjalan, bukan?.

* Jika anda menggunakan MS Word 97-2003 maka: klik pada gambar symbol yang terdapat pada halaman word tersebut sehingga terlihat kotak segi empat dengan 8 titik selanjutnya klik insert pada halaman word anda pilih Auto Correct hingga terlihat seperti pada tahap gambar di atas (pada tahap ini Ms 07 daan 2003 memilki kesamaan).

Hasilnya

Selamat Mencoba

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *