ALAT SUPER CANGGIH PENGONTROL MASSA

Sudah cukup lama juga gak pernah posting tulisan, sebetulnya sudah sangat kangen tapi begitulah ternyata aktifitas semakin padat.. ahh sudahlah mudah-mudahan di waktu yang sempit ini saya bisa mencurahkan sedikit tentang sesuatu yang mungkin ini juga baru anda alami dan baru anda sadari…

Headline di atas keren juga ya he… satu bulan terakhir ini benar-benar menyita hampir seluruh media informasi baik media elektronik maupun cetak menjadikan pemberitaan PILPRES dan CAPRES menjadi berita utama, bahkan situs jejaring sosial pun tak kalah gesitnya bisa dibilang lebih heboh dari situs berita yang mana pemberitaannya hanya menyajikan info satu arah sedangkan di media sosial siapapun bisa berkata dan berkomentar sesuai kehendaknya.

bahaya mediaTapi yang menjadi catatan saya kali ini adalah tentang “PERAN MEDIA SEBAGAI ALAT KONTROL MANUSIA” disadari atau tidak konpirasi media sungguh sangat luar biasa dalam mengontrol pola kehidupan manusia tentunya mereka itu adalah para konsumen media tersebut. Bahkan pola pikir mereka benar-benar dalam kendali sesuai kehendak dari si empunya / pemilik media tersebut.

Tidak kah kita berpikir bahwa  ketika sebuah info diberitakan dan diterima oleh kita dalam durasi / jangka waktu tertentu maka kita akan mudah mengingatnya bahkan mungkin saking seringnya info itu kita dengar maka info atau berita yang sama menjadi hal biasa dan mudah kita ingat bahkan mungkin kadang kita pun latah mengikutinya.

Yang lebih ekstrim lagi, bisakah kita membayangkan jika info itu setiap waktu, setiap saat, bahkan mungkin setiap detik di ulang dan di ulang dari media yang sama atau darai media satu ke yang lainnya hingga seakan tidak ada ruang lain selain hal itu yang harus kita terima, terkesan ada pemaksaan penanaman dalam memori kita dimana ketika kita tidak mau-pun hal ini harus masuk kedalam otak kita. Sepertinya inilah salah satu cara mereka menanamkan chip kontrol pada kita.

Sebenernya saya merasa lucu dengan beberapa media baik elektronik atau cetak ketika kampanye capres kemarin. Dimana masing-masing media memberitakan tentang apapun yang dilakukan sang kandidat jagoannya bahkan kalo dibilang mungkin gaya mandinya pun dikabarin wk..wk..

Hal ini tidak lain mereka (baca:media) sedang berusaha menanamkan pada konsumen media tersebut  sebagaimana yang dikehendaki media tersebut, dan hasilnya luar biasa ..!!

Contoh sederhana yang paling menonjol dan sangat signifikan dampaknya dari film atau sinetron-sinetron yang memperlihatkan kehidupan hedonis dengan busana yang memperlihatkan aurat khususnya pada wanita.  Saya yang berasal dari kampung melihat dengan mata kepala sendiri efek transformasi ini dimana mereka baik anak-anak, remaja, dewasa dan orangtua menjadi korban info yang setiap saat dan setiap detik di pancarkan ke sluruh negeri bahkan ke kamar-kamar pribadi melalui kotak ajaib (TV).

Kini remaja miskin dari desa dengan pemahaman yang lugu itu banyak yang termakan mimpi dan bualan yang disajikan oleh para media mereka berlomba-lomba menuju dunia khayalan nan indah. Mungkin anda pernah mendengar berbagai iklan audisi atau event pencari bakat untuk menuju kaya raya atau sukses sesaat dimana ujung-ujungnya mereka hanya menjadi kambing lugu santapan srigala liar.

MEDIA ALAT KONTROL MANUSIAHa..ha..ha… saya malah teringat bagaimana ketika dulu saya sangat terobsesi dengan film jagoan pahlawan penyelamat dunia yang paling saya sukai sampai-sampai saya berpikir dan berharap (lebih cocok dibilang berkhayal.. hi..hi..) apapun yang ada padanya bisa ada pada diri saya… wk..wk.. lucu tapi begitulah kiranya.

Weleh- weleh ruarr biasa ternyata peranan media ini dalam kehidupan kita. Jika saja semua pemilik media ini memilki jiwa yang hanif (lurus) alangkah indahnya… saya yakin manusia akan lebih beradab.

TAHUKAH ANDA SIAPAKAH SAAT INI PEMILIK MEDIA-MEDIA BESAR DI INDONESIA ..?? dimana konsumen berita mereka hampir seluruh kalangan masyarakat baik media cetak maupun elektronik silahakn cek sendiri, lihatlah latar belakang dan rekam jejak para pemilik media ini maka anda akan melihat diri anda atau para konsumen berita mereka itu sedang digirng kemana..??

Alhasil saya hanya mengajak anda berpikir sedikit secara fitrah diri, siapakah kita, sedang apa kita disini di dunia ini dan akan kemanakah kita? apakah kita akan menjadi kambing-kambing yang digiring srigala liar tuk menjadi santapan mereka..??

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *