Download Ebook Pdf Kunci Kebahagiaan (Miftahu Daarussa’adah) Ibnu Qoyyim Al Jauziyah

GambarIbnu Qayyim al-Jauziyyah

Kebahagiaan (Miftahu Daarussa’adah)

KATA PENGANTAR MUHAQQIQ

Setelah memuji Allah…

Kitab ini merupakan salah satu buku yang ditulis oleh seorang pengarang besar yaitu Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Sebuah tulisan yang sarat dengan faedah, ilmu, dan nasehat-nasehat yang banyak diambil oleh para ulama sesudahnya, dipelajari para ahli fikih, dan disinggung oleh para khatib dalam khutbahnya. Dia menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan, ustadz dalam ilmu fikih, menguasai ilmu aqidah, seorang kritikus karena menguasai ilmu Jarh wa Ta’di’l, seorang yang  zuhud  dan wara’,  argumentasinya sangat memuaskan lawan, juga menguasai bidang ilmu falak, dan pengetahuan alam secara umum.

Tulisannya ini merupakan tulisan yang cukup besar di antara tulisannya yang lainnya. Dia berbicara secara detail tentang rahasia Allah dalam menurunkan Adam ke bumi, setelah dikeluarkan dari surga-Nya, serta menjelaskan tentang surga yang dihuni oleh Adam. Dia seorang mufassir besar ketika bicara masalah tafsir.

Dan dalam tulisannya ini, dia memperlihatkan kecerdasannya ketika memberikan penafsiran tentang ayat-ayat Allah dalam surat Thaha yang berkaitan dengan masalah Adam dan keturunannya. Dia membedah tempat kebahagiaan hakiki (surga) dalam kitab yang ia namakan dengan itu. Dia berbicara tentang kebahagiaan yang datang karena ilmu, dan kehendak serta berbagai macam keutamaan dan kemuliaan ilmu tersebut, bahwasanya ia lebih utama dibanding dengan harta dan argumentasi yang

sangat memukau. Selanjutnya Ibnu Qayyim masuk ke dalam bahasan penting lainnya. Yaitu tentang penciptaan manusia, penciptaan alam, bintang gemintang, dan penciptaan bumi, serta membongkar rahasia diciptakannya neraka. Kemudian ia masuk ke dalam bahasan tentang berbagai hikmah diciptakannya bermacam-macam makanan pokok, buah-buahan, dan dedaunan. Juga keajaiban-keajaiban yang terjadi pada berbagai makhluk ciptaan Allah, baik itu manusia, hewan, maupun keajaiban alam lainnya.

Dia mengkhususkan bahasan tentang kondisi hamba ketika menghadap Allah, dia bahas secara detail, sebuah bahasan yang tidak kami temukan dalam tulisan lainnya.

Semoga Allah memberikan keikhlasan bagi penulis, dan tulisannya dapat bermanfaat bagi kaum muslimin. Sesungguhnya tiada daya dan upaya serta kekuatan kecuali karena Allah.

Pentahqiq

Abu Hafsh Sayyid bin Ibrahim bin

Shadiq Imran

download ebook

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *