Kenikmatan anda, derita mereka..!?

“ROKOK” ada yang bilang sebagai simbol pergaulan atau bahkan sudah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi para penghisapnya. Saya dulu selalu di wanti-wanti oleh orangtua jangan sampai menjadi seorang perokok walaupun mereka sendiri sebagai perokok. Namun seiring berjalannya waktu dan pergaulan akhirnya saya menjadi seorang perokok aktif.

Pada awalnya hanya coba-coba dan gaya-gayaan walaupun benar-benar tidak enak rasanya di mulut selain ada rasa pahit belum lagi bau yang ditimbulkannya tapi lama-lama semua terbiasa dan akhirnya jadi seorang pecandu rokok, sulit bagi saya jika tidak menghisap rokok dalam beberapa saat saja. Rokok adalah teman setia yang akan selalu ada di dalam kantong kemanapun dan dimanapun. Susah rasanya jika harus berpisah walau hanya sesaat (gak jauh beda kalo lagi kasmaran kali yee…)

Tapi alhamdulillah semua hanya tinggal masa lalu sekarang saya tidak lagi di jajah oleh batang-batang berracun itu lagi. Saya menjadi manusia bebas yang tak terikat dengannya.

Sebenarnya apa saja sih sisi buruk merokok bagi si perokok dan lingkungan dia? Saya menemukan beberapa poin penting yang mungkin bisa menjadi masukan bagi anda agar bisa menjadi bahan renungan demi kebaikan kehidupan anda dan orang-orang disekitar anda.

  1. Bagi anda seorang muslim hendaknya menyadari bahwa rokok bukanlah barang yang makruh sebagaimana pendapat kebanyakan orang tapi lebih mendekati kepada haram. Kenapa demikian, Allah SWTberfirman, “Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik”. (QS. al-Baqarah :195). Rokok diharamkan dari dua sisi Pertama dalam ayat ini jelas bahwa dilarang (diharamkan) menghambur-hamburkan harta (uang) dengan membelanjakannya pada suatu yang tiada manfaat hal ini sebagai perbuatan mubazir (boros/sia-sia) “Al mubaziru ikhwal syaton” (perbuatan mubazir adalah teman setan).  Kedua dilarang (diharamkan) bagi seseorang menjatuhkan dirinya kedalam kebinasaan. Tidakkah anda tahu akibat dari merokok yang di tulis dengan begitu jelas pada setiap bungkus rokok yang anda hisap? Bukankah ini adalah jalan untuk membinasakan diri sendiri? Dan saya yakin pada fitrahnya setiap orang sadar bahwa merokok sama sekali tak ada kebaikan didalamnya, bahkan kebanyakan dari mereka sangat ingin sekali untuk bisa berhenti namun sedikit sekali yang mampu melakukannya.
  2. Setiap nikmat  isapan dan kepulan asap yang anda buang adalah derita bagi orang lain. Dengan demikian anda telah berbuat dosa dan menzalimi orang lain dengan perbuatan anda, bahkan sering kita lihat ketika dalam keadaan penuh sesak dalam sebuah kendaraan tanpa rasa iba seorang perokok dengan santainya menghembuskan asap rokoknya kesana kemari. Jika anda merasa tak senang seandainya ada orang yang menyakiti anda bgitupun orang-orang disekitar anda.Rasulullah SAW bersabda,” Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, tidak menzaliminya dan tidak mengecewakannya (membiarkannya menderita) dan tidak merusaknya”. (HR. Muslim).
  3. Jika anda seorang yang sudah berkeluarga maka anda adalah contoh pendidikan bagi keluarga anda dimana disana ada istri, anak dan yang lainnya. Bukan suatu yang mustahil kebiasaan merokok anda akan ditiru oleh keluarga anda sedangkan anda tak bisa mencegahnya karena anda pun seorang perokok sebagai bukti kebanyakan istri dan anak-anak yang merokok dibawah umur tidak lain karena keluarga mereka yang perokok plus pergaulan diluar.
  4. Merokok adalah jalan dari pintu-pintu keburukan. Atas dasar pengalaman yang saya alami biasanya rokok adalah jalan pertama menuju keburukan. Tidaklah seorang mengenal sejenis ganja, minuman keras atau obat-obatan psikotropika melainkan coba-coba akibat candu rokok  untuk mencari sensasi nikmat yang lain yang dirasa lebih.
  5. Kawan-kawan yang buruk. Tidak salah lagi bagi seorang anak yang sedang tumbuh berkembang mencari jati dirinya akan mencari teman sebagai alat untuk bersosialisasi dengan lingkungannya jika ia mulai merokok maka ia akan mencari kawan yang mendukung dan membenarkan setiap aktifitasnya.

Ingat…!! semua itu ada pada anda

Anda pemimpin bagi keluarga anda

Anda adalah teladan bagi keluarga anda

Dan anda pasti akan mempertanggungjawabkan semuanya

Pikirkanlah wahai saudaraku….!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *