“PADUSAN” Rekreasi yang dapet Pahala, Ueenak donk,,,,

Ramadhan telah didepan mata, ramadhan adalah bulan yang Allah Subhanahu wa ta’ala muliakan dan dengannya pula Allah hendak memperbaiki akhlak manusia yang menginginkan kebenaran dan kedamaian.

Begitu mulianya Ramadhan sehingga banyak orang beramai-ramai menyambutnya dengan berbagai cara. Satu diantara sekian banyak cara itu adalah dengan “padusan” Kalau di Jawa (Tengah), ada istilah padusanPadusan biasanya dilakukan sehari sebelum bulan ramadhan. Makna dari padusan adalah membersihkan segala kotoran yang menempel di badan atau di jiwa kita, sehingga dalam berpuasa ada dalam keadaan bersih jasmani dan rohani. (dari kata adus atau mandi). Banyak tempat orang melakukan padusan, bisa di kamar mandi rumah masing-masing, di kali /sungai, danau atau kolam renang modern dan biasanya dilakukan secara masal. Coba tengoklah tempat pemandian umum (baca: kolam renang) pasti penuh sehari sebelum puasa.

Selain untuk membersihkan diri ya sekalian jalan-jalan dan rekreasi di tempat yang ramai orang. Maka tak mengherankan jika saat ini, sejumlah objek wisata, sudah menyiapkan agenda khusus dengan berbagai suguhan tontonan menarik. Mereka berlomba untuk bisa meraup pengunjung dalam jumlah besar bahkan sampai ada acara ndangdutan dan goyang pinggul.

Dipandang dari sisi syariat, sedikitpun padusan tak ada hubungannya dengan Ramadhan, kenapa demikian? karena ini hanya sekedar hiburan dan bahkan hal yang sia-sia saja atau bahkan apa yang mereka katakan tentang “mensucikan diri dari segala kotoran yang menempel di badan atau di jiwa adalah dusta belaka justru yang ada adalah semakin nambah dosa. Bagaimana tidak, mereka mandi ditampat umum bercampur baur laki-laki dan perempuan dengan pakaian yang gak patut dipakai apalagi dalam keadaan mandi dan basah. Mereka justru menghubung-hubungkan hal ini dengan ibadah, bagaimana mungkin? Bukan dapet pahala tapi neraka.

Kalau mau rekreasi, rekreasi aja kenapa harus dihubung-hubungkan dengan ritual Ramadhan seakan ini adalah sebuah ajaran agama yang memang harus dilakukan dan merasa gak afdhol jika masuk Ramadhan tanpa padusan. Adapun menurut agama ketika akan masuk ramadhan maka tak ada ritual apapun yang harus dilakukan kecuali mempersiapkan diri agar bersabar dalam menjalankan ibadah.

Rasulullah saw, bersabda: “Jika kalian melihat hilal, maka berpuasalah”. (Mutafaq ‘alaih)

Padusan tidak akan menghilangkan kotoran pada jiwa anda, hingga anda mengira ketika masuk Ramadhan ada dalam keadaan suci. Ketahuilah, hanya dengan taubat dan memohon ampun juga tunduk menjalankan syariat-Nya dan menghindari larangan-Nya, itulah yang akan bisa mensucikan anda dari segala dosa.

Padusan mah cuma ngilangin DAKI kali…. he….he…..

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *