SEJARAH AWAL MULA PLASTIK, KAPAN & SIAPA PENEMUNYA

Plastik mulai dikenal dan digunakan sekitar abad 20 dan dalam penggunaannya sangat luar biasa, hampir tidak ada satu jenis barangpun yang tidak bisa dibuat atau ditiru oleh bahan plastik. Tapi tahukah anda siapa penemu plastik, dan terbuat dari apakah plastik, ada berapa macamkah plastik ?

AWAL MULA PLASTIK
John Wesley Hyatt lahir di Starkey, New York , dan mulai bekerja sebagai tukang cetak ketika ia berusia 16tahun. Kemudian, ia menjadi seorang penemu, menerima beberapa hak paten atas penemuannya. Berawal dari keinginannya untuk bisa mengganti bola bilyar yang terbuat dari gading maka dia bereksperimen dari bahan dasar selulosa nitrat dan kamfor yang dilarutkan dalam alkohol kemudian menghasilkan plastik yang dinamakan seluloid. Sedangkan bahan Parkesine sendiri telah diciptakan di Inggris oleh Alexander Parkes pada tahun 1862, dan dianggap sebagai plastik pertama, walau pernah dipasarkan secara massal sebagai produk komersial atau industri namun gagal dan tidak banyak peminatnya.

John Wesley Hyatt
John Wesley Hyatt

Nitroselulosa (selulosa nitrat ) cair, atau collodion , telah digunakan sejak 1851 oleh penemu lain di Inggris, Frederick Scott Archer , dalam aplikasi fotografi; itu juga telah digunakan secara luas sebagai film cepat kering untuk melindungi ujung jari dari printer.

PLASTIK LUNAK

Hasil akhirnya Hyatt membuat plastik seluloid sebagai material yang layak digunakan dan memiliki nilai secara komersial, nitroselulosa stabil namun mudah terbakar karena sifatnya yang kurang tahan terhadap panas dan penemuannya ini dipatenkan di Amerika Serikat pada tahun 1869 sebagai “Seluloid” (50.359 paten AS; sekarang menjadi merek dagang genericized ). Pada tahun 1870 Hyatt membentuk Perusahaan Hyatt Seluloid Manufacturing Company didirikan di Albany, New York pada tahun 1872 dan pindah ke Newark, New Jersey untuk memproduksi Albany Gigi Lempeng, antara lain: bola bilyar, gigi palsu, dan kunci piano, pada tahun 1873.

Secara paralel, seorang penemu Inggris ketiga, Daniel Spill, telah mengembangkan produk bahan dasar yang sama, yang dipatenkan di UK sebagai “Xylonite”. Spill kemudian dituntut Hyatt di sejumlah kasus pengadilan mahal antara 1877 dan 1884. keputusan akhirnya adalah bahwa penemu sebenarnya dari seluloid adalah Parkes, walau demikian produksi terus berjalan, termasuk Hyatt. Penemuan lain yang dipatenkan Hyatt dan termasuk yang pertama adalah : injection molding mesin, bantalan rol dan multiple-stitch mesin jahit.

“materi untuk seribu kegunaan”.

PLASTIK KERAS

Plastik sintetis berbentuk keras pertama kali ditemukan oleh Leo Baekeland – seorang ahli kimia Belgia yang tinggal di New York. Baekeland sudah sangat kaya karena sebelumnya dia telah menjadi penemu kertas foto dan kemudian membuat pabrik sebagai alat produksi masal hasil penemuannya walau akhirnya pabriknya tersebut dijual kepada george eastman. Dari hasil penjualan pabriknya inilah Baekeland membuat sebauh laboratorium dan mendanai sejumlah pengembangan dan riset .

Leo Baekeland
Leo Baekeland

Pada tahun 1905, ia menemukan bahwa ketika ia mencampur formalin dan fenol, maka menghasilkan bahan yang bisa melarutkan dan mengikat semua jenis bubuk bersama-sama. Dia menamakan bahan ini sebagai Bakelite yang diambil dari namanya sendiri dan itu adalah plastik thermosetting (tahan panas) pertama di dunia. Bahan plastik jenis ini selain keras juga memiliki daya tahan terhadap panas. Sehingga bahan plastik jenis ini memiliki begitu banyak kegunaan dan begitu banyak peluang potensial, dan itu disebut “materi untuk seribu kegunaan”.

Bahan plastik bakelite sangat cocok digunakan sebagai isolator listrik karena bentuknya  yang keras seperti batu tapi bisa dipotong oleh pisau atau alat tertentu.

Plastik plastik jenis baru dari bahan teori dasar bakelite banyak diciptakan seperti neoprene pada tahun 1932, Perspex pada tahun 1934. Salah satu serat sepenuhnya sintetis yang paling terkenal ditemukan pada tahun 1938 dengan biaya sebesar $ 10 juta – nylon. Pada tahun pertama pembentukannya, nylon masuk ke bulu sikat gigi dan stoking nilon serta 64 juta pasang stoking dibuat pada tahun 1938. Nylon juga digunakan oleh militer di Perang Dunia II untuk roda kendaraan dan tali parasut.

Plastik secara keseluruhan sangat penting dalam Perang Dunia II kokpit Pesawat terbuat dari Perspex, polythene digunakan dalam melindungi radar dan plastik digunakan untuk membuat karet sintetis untuk ban.

Plastik yang lebih modern meliputi Teflon (digunakan dalam non-stick panci), lycra (digunakan awalnya di pakaian olahraga), Dacron (lipatan dan bahan membusuk-tahan digunakan dalam berlayar dan tenda). Semua ini memiliki latar belakang pekerjaan yang dilakukan oleh Baekeland dan Bakelite nya.

BAHAN DASAR PLASTIK DARI MINYAK BUMI

Pembuatan plastik hasil John Wesley Hyatt yaitu seluloid berbahan dasar tumbuhan sehingga kini bisa diganti oleh minyak bumi. Umi ditampung dalam kilang sehingga membutuhkan proses pemisahan antara minyak cair dan gas dalam temperatur tinggi dalam reaktor sendiri, etilena dan propilena yang terbentuk akan digabungkan dengan katalis untuk membentuk zat seperti terbentuk sebuah tepung. Zat yang membentuk seperti tepung sendiri ini begitu mirip detergen bubuk yang sekarang kita pakai untuk mencuci pakaian.

Zat tersebut merupakan sebuah polimer plastik. Sebuah proses pencampuran yang dikerjakan secara terus menerus, beberapa aditif digunakan dengan zat polimer, yang selanjutnya dilakukan proses yang dinamakan dengan ekstrusi, di mana plastik berada dalam bentuk cair.

BIJI BAHAN DASAR PLASTIK
biji bahan dasar plastik

Plastik yang berada dalam bentuk cair ini dibiarkan mendingin dan kemudian pelletizer, digunakan untuk membentuk sebuah polimer menjadi sebuah pelet-pelet kecil. Pelet-pelet plastik (biji plastik) ini pun selanjutnya dikirim ke para produsen produk produk plastik / pabrik plastik untuk dicetak atau diproduksi berbagai jenis dan bentuk alat kebutuhan kita.

Adapun plastik yang kita temui sehari hari saat ini dengan macam dan aneka warna nya terbagi menjadi beberapa jenis plastik dan akan saya tulis dikesempatan yang akan datang in sya Allah. Ditunggu ya..!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *