WAYANG GOLEK JADI GOOGLE DOODLE HARI INI MEMPERINGATI ULTAH KIDALANG

Pagi ini saya melihat tampilan google.co.id yang putih dengan tampilan yang berbeda, ternyata google hari ini merayakan hari lahir / ulangtahun kidalang yang fenomenal asal tatar sunda beliau adalah Asep Sunandar Sunarya dalang yang kharismatik yang telah menjelajah dunia dengan wayangnya.

google KIDALANG wayang
google KIDALANG wayang

Beliau lahir di Bandung, Jawa Barat, 3 September 1955 dan meninggal di kota yang sama pada 32 maret 2014. Pengabdiannya terhadap seni budaya nusantara telah menjadikannya beliau sesosok tokoh yang dikagumi dan menjadi teladan bagi para budayawan lainnya dalam melestarikan budaya nusantara.

“Abah” begitulah panggilan akrab orang orang terhadap beliau sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap orang yang dituakan dan dihormati.

Kalo bicara wayang khususnya wayang golek tentu kita akan terbayang sesosok karakter dalam pewayangan dan ketika bicara  kang Asep Sunandar Sunarya pasti yang langsung terbayang adalah sosok CEPOT karena inilah ciri khas dari beliau dimana beliau benar benar bisa menyatu dan seakan akan hidup dalam karakter jiwa karakter kang cepot dalam dunianya. Bahkan karakter cepot ini tidak bisa dipisahkan dalam kehidupannya dari pandangan klahayak umum, kita bisa lihat bagaimana beliau selalu diminta untuk tampil dalam berbagai acara hiburan ataupun acara resmi dimana beliau harus tampil dengan gaya sang wayang dibeberapa acara televisi misalnya berhasil mendapat perhatian penontonnya dan menjadi ikon humor / lawak yang kocak dan jenaka.

Dokumentasi Antaranews.com asep sunandar in memoriam
Foto dokumentasi Antaranews.com Asep Sunandar in memoriam

Dengan sicepot pula beliau menjelajah dunia memperkenalkan budaya wayang hingga mungkin hari ini GOOGLE memperingati hari lahirnya sang maestro wayang ini. Banyak sekali even even internasional yang pernah diikutinya beberapa diantaranya:

 

  • 1989: Tour Wayang golek  ke Amerika Serikat .
  • 1992: Menghadiri Puppet Festivity (Teater Boneka) di Prancis .
  • 1993: Dosen terhormat di Institut Internasional de la Marionnette di Charleville-Mézières . [3]
  • 1994: Pementasan wayang Golek di Eropa.
  • 2001: Pementasan Wayang Golek di 12 kota di Inggris bekerjasama dengan Asian Music Circuit (AMC).
  • 2006: Kembali bekerjasama dengan American Music Circuit (AMC) pada wayang golek dan workshop wayang golek di Inggris selama 40 hari.

 

Itulah beberapa even internasional yang tercatat yang pernah beliau jalani dalam masa karirnya dalam menduniakan wayang golek. Bahkan sampai di akhir hayatnya beliau masih diminta untuk mengisi berbagai acara televisi nasional untuk mengisi acara hiburan.

Sedangkan penghargaan yang sudah diraihnya dan salah satunya adalah penghargaan bintang Satya Lencana Kebudayaan pada tahun 1993 yang diserahkan oleh Presiden RI Suharto.

Demikianlah sehingga mungkin GOOGLE pada hari ini tanggal 3 september menjadikan ikonnya dengan gambar wayang sebagai penghormatan GOOGLE pada budayawan nasional indonesia yang telah menjajah dunia dengan seninya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *